0
NEWSFLASH

All-New Ford EcoSport Menyajikan Desain Kontemporer dan Dinamis

May 28, 2014

foto-ecosport

Tampilan tampan memukau all-new Ford EcoSport pasti menarik perhatian dan menjadi daya tarik. Garis berani, bentuk kontemporer dan interior yang mewah secara keseluruhan merefleksikan identitas sebagai urban SUV yang mampu, fleksibel dan praktis. Ford EcoSport menawarkan posisi mengemudi yang tinggi dengan visibilitas luar biasa, kursi lima penumpang yang nyaman, dan menghadirkan nuansa kabin yang modern serta mewah yang telah direkayasa untuk pengoperasian senyap, juga fitur yang dipilih secara seksama dan material yang sesuai. Semuanya menyatu untuk menjadikan Ford EcoSport sebagai alternatif yang sangat menarik di segmen mobil kompak. “All-new EcoSport dirancang untuk, dan berpusat pada, konsumen,” ujar Nick Eterovic, manajer desain, personalisasi kendaraan, Ford Asia Pasifik. “Pilihan material dan eksekusi pada elemen desain semuanya dibuat dengan mengutamakan kepentingan pengendara.” “Kami merancang Ford EcoSport untuk pergi kemanapun Anda membutuhkannya, selagi Anda melaju melalui petualangan hidup. Kendaraan ini adalah urban SUV yang akan membuat Anda bangga untuk mengendarai dan memilikinya.”

Eksterior yang menggugah

Pada pandangan pertama, Ford EcoSport yang khas dan aerodinamis terlihat seperti siap menerkam. Garis mengalir, dinamis dan mulus dari SUV kompak ini sungguh mendefinisikan bahasa desain global Ford. Kap mesin yang lebar menyapu ke pahatan garis bodi mobil yang indah, menyampaikan semangat dinamis energi dalam gerak. Lampu depan modern dan ramping membingkai grille trapezoid yang terpasang tinggi, memberikan Ford EcoSport sebuah elemen kebanggaan serta ciri khas wajah Ford. Garis lampu depan yang membentang ke arah belakang, memungkinkan udara untuk mengalir di sekitarnya dan meningkatkan keaerodinamisan SUV ini. Pada saat bersamaan, garis dinamis yang membentang dari kap ke pilar A menambah tampilan kontemporer pada EcoSport. Pindah ke bagian samping, pilar B yang tersembunyi menyatukan kaca samping menjadi satu bentuk yang elegan. Beltline kekar, yang dibentuk oleh jendela dan lipatan pintu, naik sampai ke bagian belakang mobil, menambah rasa pergerakan. Di bagian belakang, jendela belakang yang besar membungkus hingga bagian samping dengan lampu belakang miring. Untuk menjaga profil belakang yang ramping, pegangan pintu belakang dipasang di lampu belakang. Tombol akses kecil berwarna hitam pada pegangan pintu belakang dapat digunakan untuk membuka bagasi.

Ban cadangan, dengan roda dan penutup yang dirancang secara ekslusif, dipasang di pintu belakang sebagai ciri khas SUV klasik, sekaligus untuk kepraktisan. Hal ini menghasilkan ruang kargo yang lebih besar, dan mempermudah pelanggan untuk memasukkan muatan berat ke dalam kendaraan karena bumper yang lebih rendah. Di Thailand, Ford EcoSport tersedia dalam enam warna pilihan: Mars Red, Frozen White, Ingot Silver, Midnight Sky, Lunar Sky and Panther Black.

Interior yang mengundang

Bagian dalam all-new EcoSport mengikuti garis kontemporer dan kreatif di bagian luar. Kontrol dan tombol-tombol ditempatkan secara ergonomis, sementara bahan yang lembut disentuh, kerapatan dan pencahayaan dashboard Ice Blue global Ford semuanya memperkuat kualitas dan tingkat pengerjaan yang superior. Tim desain memberikan perhatian khusus hingga detil terkecil di bagian dalam kabin, mulai dari bahan jok hingga bulir pada door trim, untuk menciptakan interior yang menarik bagi seluruh indera. Jika dilihat dari jarak dekat, bulir pada panel instrumen dan door trim menghadirkan motif kotak-kotak dalam beragam ukuran yang menghilangkan kesan keseragaman dan monoton pada titik-titik. Terinspirasi dari struktur sel tumbuhan, dan dinamakan Squareflec, bulir ini memberikan tampilan sangat moderen pada interior. Para desainer juga menggunakan material jok khas untuk membedakan seri satu dengan lainnya. Pada seri Titanium, mereka memilih kulit Torino premium dengan jahitan Cabernet Red yang kontras untuk kesan sporty dan bergaya. Pada seri Trend, tim mengacu pada konsep “Modular”, dengan bentuk geometris. Bagian dari bahan jok berupa rajutan melingkar yang dinamakan Beijin, terinspirasi dari Cina. Kain pelapis (insert fabric), dinamakan Dali dan terinspirasi oleh India, yang di embos secara khusus untuk memberikan kesan tiga dimensi pada kain. Pada seri Ambiente, mereka mengerjakannya dengan tema “Techtronics”, dan termasuk bahan dengan benang metalik, yang memberikan tampilan kain terlihat lebih dalam serta berteknologi tinggi. Tim warna dan trim memberi nama kain tersebut Patna yang diambil dari ibukota Bihar di India.

Kursi yang Menunjang

Cukup lembut sehingga nyaman diduduki sekaligus cukup mantap untuk perjalanan lebih panjang, kursi pada all-new EcoSport telah dirancang menggunakan standar global Ford, yang disempurnakan setelah melalui penelitian anatomi secara intensif. Penumpang akan merasa seakan kursi menyatu dengan mereka. Para teknisi Ford membentuk kontur kursi untuk memberikan cukup penunjang di bagian paha dan mulai dari punggung bawah hingga punggung atas. Mereka fokus untuk memberikan penunjang lebih pada daerah pinggul, yang membantu untuk menjaga pengemudi tetap stabil di tempat duduk ketika menikung atau berpindah jalur pada kecepatan tinggi. Posisi tinggi pada kursi pengemudi menawarkan kemampuan pandang yang luar biasa, demikian pula akses mudah dan nyaman ke kontrol panel. Pada seri atas, kursi pengemudi dilengkapi dengan enam cara penyesuaian, termasuk penunjang lumbar yang dapat disesuaikan hingga milimeter yang tepat untuk menyediakan penunjang punggung bawah yang dibutuhkan pengemudi. Potongan anatomi dan bolster samping menambah sentuhan ergonomis pada jok yang nyaman. Kursi belakang akan membantu menjadikan Ford EcoSport berbeda dengan kendaraan lain di segmennya. Tidak seperti kendaraan tipikal yang menggunakan penunjang untuk kursi belakang, kursi belakang urban SUV ini berpijak dengan bebas, memungkinkan penumpang di belakang untuk membaringkan kursi untuk menambah kenyamanan. Sebagai alternatif, jika pengendara membutuhkan ruang kargo tambahan, mereka dapat menggeser kursi belakang ke depan, atau melipat dan menyandarkan seluruh kursi ke atas untuk mendapatkan lantai muat rata dan area kargo terdepan di kelasnya. Pengemudi bahkan tidak perlu memindahkan penunjang kepala pada kursi sebelum membalikkannya. Dan untuk mereka yang ingin mengangkut penumpang beserta kargo, kursi belakang dapat dibagi 60:40 pada setiap model. Para teknisi memperkuat kursi belakang dan lantai dengan baja berkekuatan tinggi untuk memenuhi standar keselamatan global terketat. Seluruh kursi telah diuji secara ekstensif dalam hal ketahanan, kekuatan, tekanan dan juga kenyamanan untuk memastikan mereka mendapatkan kadar yang paling tepat untuk mendukung bantalan serta menopang penumpang, bahkan setelah penggunaan dalam jangka waktu yang lama.

No Comments

    Leave a Reply