0
NEWSFLASH

TIGA INSPIRASI dan SOLUSI dari INSPIRAKSI

June 24, 2014

tata-inspiraksi

PT. Tata Motors Indonesia (TMI), anak perusahaan Tata Motors Ltd, produsen otomotif global asal India pemilik merek Tata Motors mengumumkan akan memulai project CSR INSPIRAKSI – Hati Tergerak Tangan bergerak yang sudah diluncurkan pada bulan Juni 2013 lalu.

INSPIRAKSI adalah program CSR yang digagas oleh Tata Motors Indonesia, dan dilaksanakan bersama Dompet Dhuafa sebagai penyalur dana bantuan, dibawah bimbingan Kedutaan Besar India di Jakarta dan Baramulti Sukses Sarana sebagai partner. INSPIRAKSI merupakan program CSR yang pelaksanaannya dilakukan melalui media social Facebook Tata Motors Indonesia. Dalam menentukan siapa yang perlu diberikan bantuan dan proyek social kemasyarakatanapa yang pantas dibantu pendanaan-nya, Tata Motors Indonesia melalui program CSR INSPIRAKSI berinteraksi terlebih dahulu dengan sahabat Facebook Tata Motors Indonesia. Sehingga, gagasan dan inspirasi CSR datang langsung dari sahabat Facebook Tata Motors Indonesia. “Perbedaan INSPIRAKSI dengan program CSR yang lain adalah INSPIRAKSI menampun ginspirasi langsung dari sahabat Tata Motors di Facebook sebagai representasi masyarakat luas, dalam menentukan siapakah sosok yang paling inspiratif di Indonesia dan proyek social apa yang perlu dibantu pendanaannya, ujar Biswadev Sengupta, President Direktur TMDI.

Biswadev menegaskan, INSPIRAKSI adalah program CSR yang bertujuan memberikan solusi kepada masyarakat dan inspirasi solusinya berasal dari Masyarakat. Hal ini sejalan dengan semangat Tata Motors global, Inspired by Peopledan Tata Motors Indonesia, yakni memberikan solusi cerdas kebutuhan berkendara masyarakat. Dari hasil ratusan saran dan inspirasi solusi di media social Facebook, tim INSPIRAKSI menyaring sebanyak 30 proyek sosial dan setelah observasi dilakukan, tim INSPIRAKSI memilih 3 (tiga) buah proyek sosial yang inspiratif di pelaksanaan tahap I program INSPIRAKSI 2013-2014. INSPIRAKSI tahap selanjutnya, yakni INSPIRAKSI tahap II 2014-2015 akan membantu proyek sosial yang berbeda.

tata-inspiraksi2

Berikut tiga program sosial solutif berikut dengan sosok inspiratif-nya masing-masing:

  1. Desa Penebar Kecerdasan oleh Muhammad Fauzi
  2. Kampung Sahabat Desain Grafis oleh Solehuddin
  3. Sekolah Rakyat Untuk Sumbawa Barat oleh Sri Astuti

Di bawah asuhan Dompet Dhuafa dan Tim INSPIRAKSI, ketiga proyek social dengan tiga sosok inspiratif yang menjadi motor proyek social tersebut, akan mengembangkan proyek sosialnya masing-masing. Sehingga, proyek yang akan berdampak positif terhadap pemberdayaan masyarakat tersebut dapat berkembang lebih baik lagi dan solusi sosial yang diharapkan dapat terwujud.

Program INSPIRAKSI – Hati Tergerak Tangan Bergerak merupakan program CSR Tata Motors Indonesia yang menjadi payung kegiatan sosial yang akan dilakukan setiap tahun. Program ini diharapkan dapat mendorong pengembangan aksi-aksi social kepedulian yang mengoptimalkan media sosial di Indonesia. Informasi lengkap dapat dilihat di akun Facebook – Tata INSPIRAKSI.

No Comments

    Leave a Reply