0
NEWSFLASH

Ferrari 488 Pista: Sintesis Performa Mesin Kelas Balap

March 8, 2018

Ferrari 488 Pista ditenagai mesin V8 paling kuat dalam sejarah Maranello dan merupakan mobil sport seri khusus dari Ferrari dengan tingkat adopsi teknologi dari dunia balap yang tertinggi.  Secara teknis, Ferrari 488 Pista merangkum semua pengalaman yang telah diperoleh di sirkuit-sikuit dunia oleh 488 Challenge dan 488 GTE. Selama lebih dari 25 tahun, Maranello telah menyelenggarakan kejuaraan one-make yang paling bergengsi, Ferrari Challenge, di mana lebih dari 100 pembalap yang terbagi menjadi tiga seri kontinental saling bertarung dibalik kemudi.

Aerodinamika mobil diambil dari 488 GTE dan Formula 1, khususnya S-Duct di bagian depan, spoiler belakang dan profil diffuser yang meningkatkan efisiensi sebesar 20% dibandingkan dengan 488 GTB. Solusi lain yang diadopsi dari lintasan balap untuk memangkas bobot kendaraan, termasuk baterai lithium (dari Challenge 488) dan juga pelek serat karbon baru – yang pertama untuk Ferrari. Hasilnya 488 Pista lebih ringan 90 kg dibandingkan 488 GTB.

MESIN

Ferrari 488 Pista dapat menghasilkan tenaga 720 cv pada putaran 8.000 rpm, menghasilakn tenaga tertinggi di kelasnya pada 185 cv/l, dan torsi yang lebih tinggi pada tiap tingkat putaran mesin, puncaknya mencapai 770 Nm (10 Nm lebih dari 488 GT). Sebuah evolusi ekstrim dari mesin turbo yang telah banyak meraih penghargaan International seperti Engine of the Year tahun 2016 dan 2017, menjadikannya sebagai mesin V8 paling bertenaga dalam sejarah Ferrari. Kenaikan 50 cv dibandingkan mesin 488 GTB juga merupakan lompatan terbesar yang pernah dicapai dalam kekuatan mesin untuk mobil seri spesial Ferrari dan tambahan 115 cv yang luar biasa dibandingkan model sebelumnya, Speciale 458.

GEARBOX

Umpan balik mengemudi yang sporty semakin ditingkatkan dengan perpindahan gigi performa tinggi, khas dari sebuah mobil balap. Strategi peralihan gigi baru, tersedia dalam posisi RACE manettino, mengurangi waktu perpindahan gigi sebesar 30 ms dengan akselerasi positif saat gigi pindah keposisi lebih tinggi dan dapat dirasakan dengan jelas oleh pengemudi.

DINAMIKA KENDARAAN

Tujuan pengembangan dinamis dari Ferrari 488 Pista adalah menghasilkan mobil yang menawarkan kinerja mekanik terbaik dalam hal kecepatan dan akselerasi awal, Ferrari 488 Pista 90 kg lebih ringan dari 488 GTB, yang membawa keuntungan besar dalam hal kegesitan dan responsif. Body kendaraan dirancang untuk menjaga agar seringan mungkin dan menggunakan bahan-bahan sangat ringan seperti serat karbon untuk bonnet, bumper depan dan belakang serta spoiler belakang, dan Lexan untuk jendela belakang. Pertama kalinya juga digunakan sebuah pelek serat karbon single-piece 20” (opsional) dalam sebuah mobil Ferrari. Seluruhnya dari serat karbon, sekitar 40% lebih ringan dari pelek roda standar 488 GTB dan dilengkapi lapisan khusus yang dikembangkan untuk industri kedirgantaraan yang secara efisien menghilangkan panas yang dihasilkan saat pengereman.

AERODYNAMICS

Efisiensi aerodinamis yang sudah luar biasa dari GTB 488 telah meningkat sebesar 20%, dengan manfaat utama dalam hal kecepatan absolut dan waktu putaran pada jalur cepat menengah serta pengalaman menyenangkan di belakang kemudi.

Yang mendasar dalam pengembangan aerodinamika Ferrari 488 Pista adalah kekayaan pengetahuan yang dimiliki Ferrari pada proyek-proyek sebelumnya dan paralel dimana departemen aerodinamika dapat menguji solusi baru dan efisien, mengintegrasikan gagasan yang dikembangkan untuk 488 Chalalnge dan 488 GTE.

Turbo V8 488 Pista mengeluarkan tenaga 50 cv lebih tinggi dibandingkan 488 GTB, sebagian berkat pengurangan hampir 15°C pada suhu udara yang memasuki plenum. Perkembangan dinamika termo-fluida juga terfokus pada pendinginan ruang mesin secara spesifik, untuk meminimalkan dampak pada kinerja aerodinamis murni.

DESAIN EXTERIOR

Tuntutan aerodinamis menjadikan panduan untuk tim Ferrari Design Center. Bentuk 488 Pista telah diukir dengan cermat untuk memastikan mobil lebih berorientasi pada performa daripada sebelumnya, Perancang menggunakan elemen inovatif, seperti S-Duct aerodinamis di bagian depan, yang paling menonjol di bagian sisi adalah fakta bahwa splitter di sisi intake udara dari 488 GTB tidak digunakan lagi. Diffuser belakang menonjol keluar dan dibuat melebar: desainnya terinspirasi oleh 488 GTE. Ferrari 488 Pista memiliki garis dua warna yang membentang sepanjang mobil, dimulai dari bumper depan, lalu masuk ke S-Duct dan terus sampai ke spoiler belakang.

COCKPIT

Interiornya memiliki nuansa balap yang khas dengan elemen yang lebih ringkas. Penggunaan ekstensif bahan-bahan eksklusif dan ringan seperti serat karbon dan Alcantara merupakan perpaduan sempurna dengan ketelitian dan kecanggihan yaitu ciri khas dari semua kokpit Ferrari. Kontras jahitan tangan, motif tread plates dan heel rests aluminium pola segitiga serta panel pintu yang bentuk secara halus adalah beberapa contoh.

 

No Comments

    Leave a Reply