0
CUSTOM

Besutan Street Racing Honda Civic FD ‘Warcraft’, Betul-betul Player!

April 3, 2019

iamautomodified.com, YOGYAKARTA – Honda Civic FD besutan PM Garage asal Jawa Tengah ini dinobatkan sebagai ‘The King Players’ pada gelaran Indonesia Automodified (IAM) MBtech yang diselenggarakan di Sleman City Hall-Jogja, pada 30-31 Maret 2019 lalu.

Selain tropi unggulan tadi, beberapa tropi lainnya juga diraih oleh sedan berkelir lime green ini, diantaranya Best Interior Street Racing – Players, The Carbonetic, The NOStorious Demon, Best Street Racing – Players, Best Honda – Players serta Best Sedan – Players dengan nilai total 273 poin.

Sang Owner, Andi ‘Zexiduc’ Krisna tak menyangka sebelumnya bahwa Honda Civic FD lansiran tahun 2009 ini bakal menjadi pemenang dalam kompetisi ini. Karena menurut dia, banyaknya persaingan untuk kategori street racing yang terjun di event ini.

Tapi secara keseluruhan, Andi sangat optimis jika dirinya bakal meraih tropi. “Awalnya sih hanya mengharapkan tropi street racing. Karena melihat peserta yang tampil di event ini juga mobilnya keren-keren,” ungkap Sarjana Hukum lulusan Brawijaya Malang ini kepada IAM.

Sementara itu salah seorang Mekanik PM Garage, Azis menambahkan Honda Civic yang dihiasi dengan guratan air brush bertemakan ‘Warcraft’ ini sudah mengalami berbagai rombakan di segala sektor. Sebut saja mulai dari part karbon, hampir seluruh bagian part sedan ini, sudah terbungkus.

“Pelapisan karbon ini justru yang tersulit. Biasanya hanya 3 hari balut karbon, tapi di mobil Civic ini butuh waktu seminggu. Diperkirakan total 90% kita tutupi part-part yang memang diinginkan sang Owner,” kata Azis.

Setidaknya hampir 215 part yang dilapisi oleh karbon mulai dari bemper depan, kap mesin, side skirt, spoiler, spion, doortrim, setir, jok, kabin, pelek, dan masih banyak lagi.

Warna bawaan Honda Civic ini tidak mengalami repaint yaitu Hijau, hanya saja menambahkan paint Xeralic Candytone anti UV lime green. Kemudian sang Owner menghiasinya dengan guratan seni airbrush di sekujur bodi.

Sementara untuk bumper depan-belakang, fender, diffuser, side skirt, splitter dikastem menyesuaikan tema racing. Pintu kanan-kiri didesain Gulwing door dan carbon hood menggunakan Motorized. Sektor pencahayaan juga tak luput dari sentuhan dengan mengkastem bagian headlamp dengan projector dan stoplamp Ledbar.

Masuk ke sektor engine yang diklaim sang owner paling banyak menguras kocek. Mesin Civic FD ini mengalami rombakan dengan membubuhi turbocharge keong, stang racing secker serta piston racing. “Dengan menambahkan turbo, performa mobil ini meningkat hingga 75 hp, dari standar Civic FD sekitar 125 hp.

Kemudian untuk kaki-kakinya masih menggunakan bawaan pabrik, namun Azis hanya menyematkan Velg Worx R19 lebar 10/100, baut velg Rays dibungkus ban Achilles. Kemudian untuk sistem pengereman memakai brake AP Racing untuk depan 6pot dan belakang 2pot.  Serta penambahan air suspension AG1 4 titik, yang aplikasinya menggunakan android.

Kemudian untuk perangkat audio, Andi hanya bermain simple-simple saja di bagian buritan yaitu dengan menyematkan Head unit Venom dengan 2 buah subwoofer  12″ serta speaker 3 way Audison yang disokong dengan power Harmonic Drive. Andi juga menambahkan 6 buah monitor 4,3 inchi yang mengisi bagian dalam mobil.

Masuk di sektor interior, aura balap menyelimuti bagian dalam kabin ini. Mulai dari rollbar, jok, dasbor, setir serta beberapa aksesoris lain yang dipasang agar terkesan racing.

Sang Owner melakukan perombakan seperti ini lantaran dirinya memang menyukai balap, terutama balap roda dua. Saya memang hobi balap, kebanyakan terjun di roda dua seperti laga Motocross, roadrace ataupun drag, semua saya ikuti,” kata dia.

Andi juga mengakui bahwa dirinya mendapat inspirasi modif seperti ini dari media sosial serta sharing dengan teman-teman komunitas. “Ya, dulunya saya gabung di Autonomic Malang, sekarang Customized. Di Customized ini anak-anaknya juga solid semua dan mobil-mobilnya banyak yang modif,” jelas Andi.

Sebagai informasi, Klub Customized Jogja berdiri pada tahun 2009, yang dipunggawai oleh Tessy. Saat ini Customized memiliki beberapa chapter di Madiun, Jogya, Malang, Blitar, Balikpapan, Surabaya dan Purworejo. “Member Customized terbanyak berada di Jogja, karena memang Customized itu pusatnya di Jogja,” pungkasnya.

No Comments

    Leave a Reply