0
NEWSFLASH RIDES

Seberapa Banyak Peminat Modifikasi Granmax-Luxio? Ini Kata MAXXIO!

April 12, 2019

iamautomodified.com, YOGYAKARTA – Geliat modifikasi tanah air semakin marak dengan penampilan beberapa kontestan yang memboyong puluhan minibus bertipe GranMax dan Luxio. Kedua jenis mobil bermerek Daihatsu tersebut, mulai menunjukkan jati dirinya ke hadapan publik lewat kreasi modif yang diterjunkan.

Mobil-mobil ini seolah tak mau kalah bersaing dengan varian lainnya yang sudah pandai bersolek serta tampil berlaga. Seperti yang kerap disaksikan di ajang Indonesia Automodified (IAM) MBtech sepanjang 2 kota terakhir, yaitu Yogyakarta dan Balikpapan.

Eksistensi pengguna dan pecinta minibus GranMax dan Luxio ini kian menjalar di berbagai pelosok negeri. Buktinya, mereka berhasil mempertunjukkan ‘kemolekan’ tubuhnya di dua kota yang digelar seperti di Jogja mereka menerjunkan 10 mobil, kemudian di Balikpapan, MAXXIO memboyong 21 mobil untuk bertarung di IAM MBtech maupun Daihatsu Dress up Challege.

Seperti dipaparkan M. Lutfi, salah satu member MAXXIO asal Semarang kepada IAM. Lutfi menyebut bahwa GranMax Luxio Club Indonesia alias MAXXIO merupakan sekumpulan pecinta dan penggemar mobil-mobil minibus Daihatsu yang membernya sudah menyebar di berbagai kota di Indonesia.

“Member MAXXIO ada di Sriwijaya (Sumatera), Lampung, Jakarta Raya, DEBORA (Depok-Bogor Raya), Ciayumajakuning (Ciamis-Majalengka-Kuningan), Semarang, Joglokemas, Demak, Jepara, MacanWirotaman Jawa Timur, Malang juga Bali. Belum lama ini ada di Kalimantan, Sulawesi dan Papua, tapi di Papua masih belum sebanyak di Jawa,” jelas Lutfi.

Sementara di Solo Raya, member MAXXIO juga sudah cukup banyak. Solo Raya itu terbagi menjadi 7 Kabupaten, membernya sendiri sudah lebih dari 100 anggota dibawah naungan Om Yuli, selaku Korwil Solo Raya. Di solo rutin kopdar, minggu pertama, mini turing.

Sementara cikal-bakal berdirinya MAXXIO itu, lanjutnya, berpusat di Bekasi. Berawal dari member pertama masih di bawah 50 orang di tahun 2011. “Di Semarang sendiri, saat ini sudah terkumpul 105 member. Untuk member yang aktif masih di atas 75%, beberapa yang tidak aktif tapi mereka tetap support,” tandasnya.

Kalau untuk chapter, kata dia, sekarang ini sudah cukup banyak. Mulai peningkatan itu di tahun 2015 sampai sekarang ada sekitar 15-17 chapter. “Ahamdulillah mulai berkembang dari tahun ke tahun,” kata Lutfi.

Di tiap tahunnya, MAXXIO juga ada kegiatan Jambore Nasional (JAMNAS), namun lantaran banyak yang ingin mendirikan chapter. Jadi untuk tahun ini, kata Lutfi, kegiatan JAMNAS break dulu, mengingat lebaran sudah dekat. Acara juga banyak yang deklarasi.

“Untuk tahun ini, kita tidak menyelenggarakan JAMNAS, kemungkinan tahun depan baru kita adakan lagi. Tapi kalau touring kan relatif, tergantung si pemilik mau dibawa atau tidak. Tapi hampir rata-rata mobil yang sudah didandani bisa dibawa, asal masih bisa digunakan sehari-hari,” paparnya.

Beberapa member MAXXIO yang berasal di tiap wilayah, hampir semua memiliki mobil modif untuk diterjunkan dalam kontes. Baik itu di Malang, Surabaya, Jakarta, Jawa Tengah, Sumatera serta kota-kota lainnya.

Setiap klub ataupun komunitas pasti juga memiliki kegiatan Bakti Sosial (baksos), di MAXXIO ini tergantung wilayah masing-masing chapter kalau menggelar baksos, pusatpun selalu support. “Baksos ini difungsikan untuk menjalin silaturahmi ke sesama pengguna dan tidak untuk kalangan terdekat, sebab orang lain pun membutuhkan,” kata dia.

Sementara Tri Widaryanto, member MAXXIO asal Solo Raya ini menilai, mobil Granmax dan Luxio itu sebetulnya memiliki ciri tersendiri. Sejak meluncur pertama kali, kata Tri, mobil ini terlihat aneh dan lucu.

“Tapi dari waktu ke waktu, kreativitas modifikasi terus berjalan. Banyak inovasi yang harus kita utarakan untuk menjalin keeratan dengan mobil yang sekiranya dipandang kaya mobil biasa, tapi sebenarnya kita bisa membuat mobil itu menjadi luar biasa,” ungkap Tri.

Tri juga mengatakan, untuk aliran kita bisa buat beraneka ragam, cuma kembali ke konsep awal basicnya mereka ingin mendandani mobil Granmax dan Luxio ini seperti apa?.

“Karena kan untuk tipe minibus ini juga banyak aliran, seperti elegant, JDM, Fitmen, Street rally, bahkan racing pun ada. Jadi bisa menyesuaikan budget, sehingga modif gak harus mahal, dengan modif sederhana kita bisa memiliki kepuasan tersendiri,” pungkasnya.

Sebagai informasi, untuk bergabung di klub MAXXIO ini, member baru akan dikenakan biaya registrasi sebesar Rp. 300.000,- yang akan mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA), starter kit, sticker dan bonusnya sodara seluruh indonesia, kemudian membayar iuran bulanan sebesar Rp. 20.000/bulan.

No Comments

    Leave a Reply