0
NEWSFLASH RIDES

Modifikasi Honda Civic FD1: Kembalinya Sang Penakluk Kontes!

May 7, 2019

iamautomodified.com, JAKARTA – Sebuah sedan lansiran Jepang, Honda Civic FD1 yang sudah diupgrade sedemikian rupa oleh sang owner, dinobatkan sebagai The King Players pada perhelatan modifikasi Indonesia Automodified (IAM) MBtech yang berlangsung di IIMS 2019.

Honda Civic FD1 yang tampil begitu mencolok ini berhasil menghipnotis dewan juri IAM serta pengunjung lewat rombakan ekstrimnya. Besutan yang tersemat di berbagai lini turut menjadikannya sebagai pemenang.

Tengok saja mulai dari tampilan luar sedan ini yang kini sudah ‘ganti kostum’ dengan desain grafis berwarna biru, melambangkan warna perusahaan jasa pengiriman yang dikelola oleh sang owner.

“Memang sebelumnya, mobil ini warnanya merah airbrush dan pernah meraih The King HIN dan King ISC. Kini kita rubah warnanya jadi grafis biru melambangkan JNE. Kebetulan sang owner, Rudi, memiliki beberapa cabang untuk jasa pengiriman,” jelas Farid Ido, modifikator Jhon Speed, saat dikonfirmasi IAM, Minggu 6 Mei 2019 lalu.

Dua buah pintu yang digunting menjadi gullwing door menambah kesan racing sementara pintu belakang ditutup secara permanen. Kap mesin mendapatkan sentuhan motorized dengan dilapisi karbon.

“Untuk bodykit, kita sudah menggunakan full Rocket Bunny. Kemudian bemper depan-belakang sudah kita kastem dan dilapisi oleh karbon di segala sektor,” kata Farid.

Menurutnya, pengerjaan Civic FD1 ini cukup lama lantaran selalu mengalami upgrade. “Pertamakali modif warna merah di Jhon Speed, kemudian untuk pemasangan Gullwing door dirombak di Galaxy-Bandung. Kemudian ada beberapa part yang dikastem dilakukan di Surabaya dan terakhir di Jogja,” tandasnya.

Lanjut ke sektor bagian dalam, nampak perubahan begitu mencolok dengan balutan karbon di segala lini mulai dari dasbor, setir, serta console. Kursi pengemudi diganti dengan penyematan jok balap dan dilapisi oleh kulit MBtech.

“Dasbor sudah mengalami kastem dengan hiasan speedometer dan taco meter. Untuk jok belakang sengaja kita copot dan dipasangi rollbar serta turbo. Sementara audio full momentum dengan penambahan alat DJ di dasbor,” kata dia.

Mengenai jantung pacu Civic FD1 ini juga tak luput dari incaran sang owner. Penyematan turbo garret serta lapisan krom emas pada mesin menjadi terkesan luxury.

“Untuk engine full kita rubah, mulai dari turbo, radiator serta kipas. Karena mesin dengan spek seperti itu pasti kan panas, makanya kita pasang kipas,” jelasnya.

Kemudian di sektor kaki-kaki, kekuatan Civic FD1 ini terlihat pada velg RVS R20″ yang dilakukan special order import dari USA, dibungkus dengan ban Pirelli. Kemudian pemasangan BBK untuk depan 6 pot serta belakang 4 pot, ditambah lagi dengan penyematan air suspension dua titik, lower arm depan-belakang.

“Untuk kaki-kaki semua kita cat, knalpot sudah full pipe-down pipe mulai dari depan sampai belakang. Dan yang paling mahal diantara rombakan yang ada yaitu di sektor engine serta kaki-kaki,” tegasnya.

Sebelum dinobatkan menjadi King Players, Farid sudah memastikan bahwa Honda Civic FD1 tersebut akan meraih juara. “Karena melihat spek yang ada saya optimis bahwa mobil ini akan menang,” tuntasnya.

No Comments

    Leave a Reply