0
NEWSFLASH

Ferrari 488 Pista Muncul Perdana di Tanah Air, Harga Masih ‘Abu-Abu’

May 10, 2019

iamautomodified.com, JAKARTAFerrari 488 Pista akhirnya resmi masuk Indonesia, mobil ‘jet darat’ yang ditunggu-tunggu penggemarnya ini langsung diboyong oleh Ferarri Jakarta di arena parkir Stadion Utama Gelora Bung Karno, di acara buka puasa bersama awak media, Kamis 9 Mei 2019 kemarin.

Melalui keterangan resminya, Indraguna Sutowo, CEO Ferrari Jakarta menyatakan, Supercar ini merupakan penerus semangat dari Ferrari bermesin V8, seperti 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia, dan 458 Speciale.

“Ferrari 488 Pista adalah sebuah produk yang sangat ditunggu-tunggu oleh klien-klien Ferrari di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia,” ungkap Indraguna.

Konsep bagian depan juga tercermin pada spoier belakang berbentuk ekor lumba- lumba yang disanggah untuk memberi kesan ringan dan efisien, sementara volume bagian belakang menambah kesan bertenaga.

Kesan dasar dari mobil untuk tujuan ekstrem ditegaskan dengan penggunaan untuk pertama kalinya pada Ferrari yaitu pilihan pelek karbon ban berukuran 20 mci, sementara bagian lain yang menggunakan bahan serat karbon adalah kap mesin, bemper dan spoiler belakang.

Ferrari 488 Pista memiliki bobot lebih ringan hingga 90 kg, bobot keringnya diklaim sebesar 1.280 kg. Mesinnya adalah V8 paling bertenaga dalam sejarah Ferrari dan merupakan evolusi ekstrem. Total tenaga yang dihasilkan mencapai 710 Tk.

Mesin ini juga diklaim sebagai mesin teringan di kelasnya. Berkat mengadopsi teknologi 488 Challenge, seperti manifold knalpot Inconel serta poros engkol dan roda gila yang ringan, selain itu juga berkat fitur-fitur tambahan seperti con rods titanium dan intake plenum berbahan serat karbon.

Ferrari 488 Pista memanfaatkan sepenuhnya pengalaman Ferrari dalam motor-sport untuk performa aerodinamis yang maksimal bahkan di jalan raya. Beberapa teknologi balap yang diadopsi adalah S-Duct yang terinspirasi F1 dan disain diffuser depan dengan sudut miring yang dioptimalkan untuk meningkatkan downforce.

Generator vortex di bawah bodi mobil juga telah direkayasa ulang, dan diffuser belakang menggunakan dudukan ganda untuk meningkatkan ekstraksi udara dan menghasilkan downforce. Selain itu, spoiler belakang Ferrari 488 Pista juga dibuat lebih tinggi dan lebih panjang. Hasilnya adalah peningkatan downforce sebesar 20%.

Ferrari 488 Pista mengadopsi teknologi Side-Slip Angle Control versi 6. SSC 6.0 yang menggabungkan semua sistem berikut ini: E-Diff3, F1-Trac, suspensi magnetorheological (SCM), dan Ferrari Dynamic Enhancer (FDE).

FDE menggunakan perangkat lunak Ferrari untuk menyesuaikan tekanan rem pada kaliper. Tambahan tingkat pengendalian ini menyempurnakan kinerja 488 Pista saat melewati tikungan dan membuat pengendalian mobil menjadi lebih mudah.

No Comments

    Leave a Reply