0
NEWSFLASH

Beers Garage : Perjuangan si Tukang Poles Hingga Dirikan Bengkel Rumahan

October 6, 2019

iamautomodified.com, SEMARANG – Beers Garage kembali berpartisipasi di ajang Indonesia Automodified (IAM) Semarang 2019. Di event ini, sang owner menampilkan besutan modifikasi Honda Jazz yang sudah mengalami perubahan pasca mengikuti kontes IAM MBtech di Yogyakarta bulan Maret 2019 lalu.

Beers Garage merupakan sebuah bengkel rumahan yang berhasil mempertahankan eksistensinya di bidang perawatan mobil. Namun, terdapat kisah menarik yang patut menjadi inspirasi bagi para pengusaha muda yang ingin mandiri.

Berdasarkan pengalaman yang dimiliki sang owner di bidang memoles dan mempercantik kendaraan, sejak dirinya menjadi tukang poles di beberapa bengkel membuatnya terpacu untuk mendirikan bengkel sendiri.

“Saya tuh mulai berkarir jadi tukang poles panggilan. Namun kemudian, saya beranikan diri untuk bisa membuka usaha bengkel sendiri meskipun hanya di garasi kecil, tapi sudah bengkel sendiri,” jelas pria yang biasa disapa Eko Bir ini kepada IAM, Minggu 6 Oktober 2019.

Kalau boleh dibilang, kata dia, dulu itu memang berawal dari 0 bahkan terkadang minus. “Alhamdulillah, saya terus menekuni profesi saya dan menjadi tukang poles dan coating panggilan kesana-kemari sampai kemudian bisa seperti sekarang ini,” imbuhnya.

Diakuinya, Eko Bir juga kerap menjadi sasaran nasehat orang tuanya agar bisa melamar kerja di tempat lain. Namun, tekad dan naluri yang kuat mengharuskan dirinya untuk menekuni bidang tersebut.

“Sampai saat ini Alhamdulillah Beers Garage selalu ramai dikunjungi pelanggan. Dengan demikian, hasilnya pun bisa mencukupi kebutuhan anak-istri dan orang tua hingga sekarang,” tuturnya.

Bicara menyoal pengusungan nama Beers Garage yang dibilang sedikit ‘nyeleneh’ ini juga mengandung makna yang cukup unik. Eko mengaku sejak kecil ia sudah biasa disapa Eko Bir oleh bapaknya lantaran dirinya suka sekali minuman Badek alias aren/nira.

“Dulu itu di kampung saya ada minuman yang namanya badek (buah nira) alias Aren. Kalau di tempat saya disebut bir, kebetulan saya suka sekali minuman itu. Cuma buat gaya-gayaan,” kata dia sembari bergurau.

Lebih lucunya lagi, katanya, waktu itu ada seorang wisatawan yang berkunjung ke Dusun Bakalan RT07 Taman Agung, Muntilan. Ketika mereka melewati depan rumahnya, langsung menghampiri Eko lantaran terdapat tulisan Beers Garage di rumahnya.

“Anehnya, dia langsung menemui saya untuk membeli bir. Lalu saya jawab, “aku punyanya mesin poles om. Gak punya bir”. Jadi, dia menyangka kalau saya jualan bir, hahahaha…,” selorohnya.

Lanjut ke soal pengerjaan coating dan poles, Beers Garage juga menangani perawatan berbagai macam mobil baik City car, sedan, MPV maupun SUV.

“Kalau untuk mobil-mobil berjenis sedan dan city car harganya hanya Rp. 700 ribu, kemudian untukmobil jenis minibus/MPV sebesar Rp. 900 ribu, sedangkan untuk mobil berjenis SUV ke atas harganya Rp 1,5 juta. itu sudah mendapatkan free express cleaning interior dan express cleaning engine bay,” tuntasnya.

No Comments

    Leave a Reply