fbpx
0
CUSTOM NEWSFLASH

Modifikasi Pajero Sport Bernuansa Speed Offroad, Pelibas Segala Medan

October 12, 2019

iamautomodified.com, SEMARANG – Besutan konsep Ofrroad look yang teraplikasi pada All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar buatan tahun 2016 ini menjadi tak lazim, usai dilakukan upgrade oleh pemilik bengkel The Good Father asal Semarang, Jawa Tengah ini.

Mitsubishi Pajero memang didesain khusus sebagai kendaraan pelibas segala medan. Namun sang owner masih belum puas, lantaran mobil tersebut masih dirasa belum mumpuni  tanpa ada rombakan di segala sektor.

Secara menyeluruh, mobil ini memang nampak ‘beringas’ usai mendapat sentuhan modifikasi terutama di sektor kaki-kaki. All New Pajero Sport Dakar menjadi pilihan utama lantaran model tersebut memiliki mesin yang cukup mumpuni untuk berpetualang.

“All New Pajero Sport menurut saya paling enak dibuat speed offroad, karena dari segi mesin ia memiliki horse power 188 HP itu standarnya saja. Lalu, saya upgrade injeksinya sehingga horse powernya bertambah jadi 215 HP. Kemudian open filter sudah saya ganti dan penambahan piping,” jelas M. Nuryaqin, kepada IAM.

Menurut Nuryaqin, kendala tersulit dalam mengoprek mobil ini adalah pengerjaan lower arm dan upper arm, karena dia harus mencopot seluruh bagian orisinalitasnya.

“Jadi mulai dari sasis kita potong dan kita buat sendiri, lower arm dan upper arm udah ganti. Body lift main teflon serta pemasangan shockbreaker 4 titik ditambah dengan spiral,” imbuhnya.

Untuk mengupgrade mobil seperti ini, kata M. Nuryaqin, konsumen bisa menyiapkan budget sebesar Rp. 100 jutaan. “Jumlah itu hanya untuk kaki-kakinya saja, belum pelek sama ban. Jika dijumlahkan secara total diperkirakan mencapai Rp. 135 jutaan,” ujarnya.

Oleh karena ini yang model all new, jadi hanya bisa 8 inchi ketinggiannya. Tapi kalau yang sebelumnya bisa lebih tinggi lagi. Kalau untuk Pajero, suspensinya mesti form sell bukan yang nitros. Kalau yang nitros dinilai tidak mumpuni, karena ia akan bandul.

Selain itu, lanjutnya, juga jangan pakai fork atau king, nanti jadi kaya speed offroad. Kalau mobil yang seperti inikan speed offroad bisa melibas berbagai medan jalan. “Saya jalan di tol masih berani melaju di kecepatan 170 km/jam dan gak ada ngelembung,” jelas Nuryaqin.

Pelek dan ban juga tak ketinggalan diganti untuk menunjang kemampuannya dalam menjelajah medan berat. Menggunakan pelek Full USA Original R20 yang dibungkus dengan ban Accelera Xtreem MMT berukuran 37 inci dan tapak 13,50 inci tentunya membuat mobil ini tampil lebih jangkung.

Selesai dengan kaki-kaki, eksterior Pajero Sport ini juga mendapat penambahan over fender. lalu warna mobil ini sudah diubah jadi tampak mencolok dengan melakukan repaint chameleon 6 warna. “Kalau siang hari, mobil ini jadi berwarna orange, tapi kalau malam jadi nampak keungu-unguan,” kata Nuryaqin.

Sementara untuk audio system, Nuryaqin hanya memberikan sedikit sentuhan sebagai pelepas penat di perjalanan. Untuk headunit, ia gunakan Kenwood seri9, Powernya KE 5000watt Monoblok Harmony, dengan subwoofer 12″ sebanyak 2 pcs 12″, T1 Rockford sudah cukup membuat dirinya nyaman.

Hasilnya, dengan mengikuti kontes modifikasi IAM MBtech Semarang 2019, pria yang tergabung dalam klub mobil ‘Ayah-Ayah Muda Keren Bikin Gemes’ alias Ayam Kremes ini berhasil memboyong sejumlah tropi diantaranya Best Offroad Look dan Best Mitsubishi Tuners.

No Comments

    Leave a Reply