0
FEATURED NEWSFLASH

SPECIAL COVERAGE SEMA SHOW 2019: Monday Reveal

November 6, 2019

Di tahun 2019 ini, IAMAutomodified berkesempatan untuk kembali mendatangi SEMA (Specialty Equipment Market Association) Show di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. SEMA Show merupakan salah satu kiblat pameran dunia modifikasi kendaraan roda empat dan yang terbesar di dunia, dimana setiap tahunnya lebih dari 161 ribu profesional serta media yang diakui di bidang otomotif aftermarket berkumpul dari segala penjuru Amerika Serikat dan setidaknya 140 negara lain di dunia.

Didirikan tahun 1963, SEMA adalah asosiasi perdagangan yang didedikasikan untuk membantu bisnis yang terlibat dengan dunia otomotif, khususnya kendaraan roda empat. SEMA terdiri dari beragam kelompok manufacturers, distributors, retailers, publishing companies, auto restorers, street-rod builders, restylers, car clubs, race teams dan masih banyak lagi. Perusahaan anggota SEMA umumnya adalah bisnis kecil hingga menengah, dengan mayoritas pemilik yang memasuki industri ini berangkat dari minat akan dunia kustomisasi kendaraan. Industri ini ditaksir memiliki perputaran uang sebesar 44,6 biliun dolar Amerika atau sekitar 624 triliun Rupiah setiap tahunnya!

SEMA Show pertama kali diselenggarakan di tahun 1967, dengan 98 booth dan kurang dari 3000 pengunjung. Kini, SEMA Show dihadiri oleh lebih dari 161 ribu pengunjung, dan lebih dari 2.400 perusahaan di bidang kostumisasi kendaraan roda empat. Hebatnya, dengan catatan angka sebanyak itu, hingga kini SEMA Show hanya terbuka bagi profesional dan media yang berkualifikasi dan tidak terbuka untuk umum. Walaupun demikian, sejak 2014, diselenggarakan SEMA Ignited, yang diselenggarakan di hari penutup dan merupakan official after party serta terbuka bagi publik.

Kalau SEMA Ignited diselenggarakan di akhir SEMA Show, sesuai tradisi tiap tahunnya, pada satu hari sebelum berjalannya pameran diselenggarakanlah SEMA Reveal, sebuah acara singkat yang berisi pengumuman SEMA Awards, sekaligus perkenalan mobil-mobil yang memiliki peran signifikan dalam SEMA tahun ini.

Para pemenang SEMA Awards 2019 adalah:

Kategori Car: Ford Mustang

Kategori Truck: Chevrolet Silverado

Kategori Sport compact: Audi RS3 (the first SEMA Award for Audi)

Kategori 4×4 SUV: Jeep Wrangler (for the 10th year in a row)

Kategori Powersport: Polaris Razor XP Ultimate

Sejumlah mobil yang diperkenalkan:

1967 Volkswagen Transporter Double Cab

Mobil “Double Deluxe” ini dibangun oleh David “Dave” Kindig dari kondisi “bahan”, dan dimodifikasi dengan beberapa fitur menarik seperti tambahan jendela di atap, sliding sunroof, air suspension, velg Fuchs, dan pintu keempat, dimana pada kondisi originalnya hanya memiliki tiga pintu.

Ford F250 Super Duty

Bukan Amerika namanya kalau melewatkan mobil-mobil “pickup truck” macam ini. Mobil ini langsung diperkenalkan oleh Ford Motor Company dan memiliki sejumlah ubahan diantaranya ban 35 inci, upgrade suspensi off-road, dan winch dari Warn keluaran terbaru yang kesemuanya dapat dibeli secara opsional dari dealer-dealer Ford di Amerika.

Hyundai Velostar Grap Ler

Mobil ini memiliki konsep modifikasi yang kalau di Indonesia mungkin akan disebut sebagai konsep “ALTO”. Hyundai Velostar yang sejatinya merupakan sebuah compact sports car, diubah dengan lift kit dan ban gravel, tanduk, dan roof rack yang justru membuatnya tampak rugged dan mampu menerabas segala medan.

2019 Dodge Hellcat

Dodge Hellcat ini memiliki ubahan yang cukup unik, karena hanya memiliki setengah kulit, dengan sisi kiri yang bukan pula bodi asli Dodge Hellcat 2019, melainkan bodi Dodge Charger 1968 yang diproduksi ulang dengan material carbon fiber. Mobil ini dikerjakan oleh Hotchkis Sport Suspension dan digunakan sebagai kampanye oleh SEMA PAC yang merupakan bagian dari SEMA yang mengurusi politik dan advokasi bagi legalisasi modifikasi kendaraan roda empat di Amerika.

Chevrolet Corvette C8 Convertible, C8R Race Car & 1962 C10

Brand Amerika yang baru saja memutuskan untuk meninggalkan Indonesia ini memperkenalkan Chevrolet Corvette C8 Convertible serta C8R Race Car yang akan digunakan di ajang 24 Hours of Daytona tahun depan.

Maker berlogo bow tie ini juga memperkenalkan Chevrolet C10 tahun 1962 yang dapur pacunya telah dikonversi menjadi elektrik lewat eCrate concept motor.

Volkswagen Beetle Dune

Beetle Dune garapan HPA Motorsports ini telah mengalami ubahan yang signifikan, diantaranya engine-swap dengan mesin VW VR6 dengan kenaikan tenaga yang signifikan hingga setidaknya 500 horsepower, coilover KW Suspension, HRE Wheels, tempat duduk Recaro, dan berbagai ubahan lainnya.

1986 Porsche 911

Porsche 911 ini merupakan hasil kolaborasi dari Rutledge Wood, Randy Allgood, the Kenwood Rod Shop, dan tentunya sang seniman Jepang Nakai-San alias RAUH-Welt Begriff. Disamping widebody RWB, jantung Porsche 911 yang awalnya air-cooled juga telah diubah menjadi GM Performance LS-3 dari Summit Racing bertenaga 525hp, disalurkan ke G50 transaxle yang dibangun oleh Rader Motorsports. Tenaga tersebut dimuntahkan ke jalan melalui ban Continental Tire ExtremeContact Sport, yang membungkus velg custom keluaran Forgeline Wheels dan ditopang oleh suspensi dari KW Suspension. Masih ada pula  tambahan Brembo Brakes, 9 Eleven LED headlights, dan exhaust keluaran Magnaflow.

 

 

No Comments

    Leave a Reply