0
NEWSFLASH

Benarkah Pelumas Mineral Tak Cocok Buat Mobil Modif? Begini Kata Davy!

November 29, 2019

iamautomodified.com, JAKARTA – Gulf Oil Indonesia baru-baru ini menghadirkan tiga varian pelumas terbaru di pasar otomotif Indonesia, dua diantaranya adalah pelumas yang diformulasikan untuk mobil bermesin bensin serta diesel.

Produk pelumas terbaru ini memiliki keunggulan berbeda khusus untuk kondisi market di Indonesia yaitu dengan kualitas bahan bakar yang masih relatif rendah, kondisi pengendaraan di dalam kota yang penuh kemacetan (stop and go) serta menghadapi cuaca yang panas. Pelumas Gulf ini, mayoritas diproduksi untuk mobil-mobil Jepang.

Sebagaimana diketahui, banyak pemilik kendaraan cenderung menjadi pemilih, mengingat nilai perbaikan yang besar jika terjadi kesalahan pelumasan. Jika terjadi kesalahan pelumasan, bisa berakibat fatal, demikian seperti disebutkan Davy Lansoen Tjoman selaku Automotive National Sales Manager PT GOLI.

“Kalau untuk mobil baru, usahakan mengikuti petunjuk book manual. Jika mobil itu harus menggunakan pelumas 5W ya 5W, jangan sampai kita gunakan pelumas berbeda. Pastinya yang tidak didapat adalah performancenya, jadi makin berat karena olinya kental,” jelas Davy, saat ditemui IAM, di sela-sela peluncuran, Kamis (28/11) lalu.

Jika sudah mengerti bahwa oli yang dipakai itu bagus, katanya, usahakan saat ganti oli juga mesti yang bagus pula. Sebab Kalau oli yang bagus itu memiliki deterjensi yang kuat. Namun sebaliknya, jika tahu bahwa oli ini kurang bagus, kemudian diganti dengan oli yang bagus sudah tentu akan terjadi masalah.

“Akhirnya nanti bakalan bocor sealnya dan itu mesti dibersihin. Nah, kalau bocor itu bukan berarti olinya jelek, tidak. Itu karena daya bersihnya oli yang bagus itu kuat. Oli itukan macam-macam, ada yang murah dan yang paling murah. Jangan hanya sekedar oli, yang penting sama,” tegas Davy.

Davy juga menegaskan, kalau untuk mobil-mobil kompetisi seperti mobil balap yang dipakai fourwheel one itu tidak bisa memakai oli yang pasaran atau umum. Ia harus pakai oli yang diolah atau yang sudah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan mereka seperti pada formula one.

“Tapi kalau untuk mobil-mobil kontes modifikasi, saya sarankan memakai oli yang full sintetik, jangan pakai yang mineral. Karena kan hanya menonjolkan performance,” jelas Davy.

No Comments

    Leave a Reply