0
FEATURED NEWSFLASH RIDES

Sportcar Toyota Bermesin LSX V8 Ini Sabet King Tuners di IAM MBtech Jakarta 2019

November 29, 2019

iamautomodified.com, JAKARTA – Toyota FT86 milik Andika Azhari, berhasil menyabet The King Tuners pada putaran final battle Indonesia Automodified (IAM) MBtech 2019 yang diselenggaran di Ecovention Hall, Ancol-Jakarta pekan lalu.

Selain tropi The King, FT86 ini juga meraih berbagai penghargaan lain yang diterima sesuai kategori yang disematkan, antara lain; Best Interior Street Racing Tuners, The Carbonetic, Best Street Racing Tuners, INSTANCE, Hottest Engine Bay, Build to Perfection, dan Best Toyota Tuners.

Berdasarkan pengakuan Ican Ihsan Talib, modifikator Platinum Motorsport bahwa sportcar buatan Toyota ini sebenarnya sejak tahun 2015 sudah mengalami upgrade, dan sempat meraih beberapa penghargaan di event lain. Sejak tahun 2016, sang owner memutuskan untuk bergabung menjadi salah satu keluarga Kurang Turu.

Balutan konsep modifikasi yang tersemat pada Toyota FT86 ini memang luar biasa. Sang owner memang sangat menghargai penampilan, terutama pada kendaraan yang akan ditampilkan.

Secara menyeluruh, mobil bergaya street racing ini tampil begitu sempurna dengan penyematan kit Rocket Bunny versi pertama. Tengok saja mulai dari over fender side skirt, diffuser, splitter hingga bumper belakang dibekali dengan kit pandem tersebut.

“Sementara untuk bumper standarnya serta ducktail kita kastem. Lalu, kap mesin kita gunakan fiber karbon serta wing pakai voltex. Hampir seluruh bagian bodi mobil kita lapis dengan karbon fiber kemudian diguyur dengan cat merah candy, supaya dapat merah solid yang terang,” jelas Ican.

Melongok ke sektor interior, mobil ini sudah mengganti setir standar dan membalutnya karbon, panel dasbor, panel doortrim juga sudah terbungkus karbon. Karena temanya street racing, maka Ican memberikan penambahan roll bar.

“Joknya juga sudah kita ganti dengan Recaro Sportster dan dibungkus karbon, beberapa item doortrimnya juga kita ganti pakai i-sweade. Sementara untuk audio system, headunit pakai Alpine speaker depan tengah 2-way pakai Alpine, serta 1 buah Subwoofer semuanya full Alpine,” kata dia.

Penampilan juga diperkuat dengan penyematan suspensi air rex digital 4 titik. Untuk velgnya menggunakan BBS E88 R19 berukuran 10,5″ untuk depan 11,5″ untuk belakang. Velg tersebut menjadi kian eksotis dengan menggunakan ban Advan Neova berukuran 265/35 depan dan 295/30 untuk belakang.

“Kalau untuk sistem pengeremanya, kita gunakan kit Brembo untuk depan 6 port, belakangnya pakai Brembo GT 30. Velg ini aslinya PCD 5×114, kemudian kita ganti dengan BBS E88, jadi sudah pakai single lock,” imbuhnya.

Berlanjut ke sektor mesin, yang menjadi salah satu daya tarik modifikasi pada Toyota FT86 ini. Mesin bawaan standar telah diganti dengan mesin LSX V8 berkapasitas 6.000cc yang dibeli secara utuh dari General Motor.

Kemudian beberapa perangkat pendukung mesin seperti Furel CBM, stang pioston, metal duduk, kompresor, AC, air intake pun disematkan. Kemudian untuk gear box, menggunakan LSX 6-speed dan kopling pakai Osgiken.

“Kalau menurut pengamatan saya, ada tiga sektor yang paling mendominasi pada modifikasi Toyota FT86 ini. Ini merupakan mobil FT86 pertama yang menggunakan mesin V8 di Asia Tenggara, kemudian FT86 pertama yang menggunakan single lock, dan kalau secara tampilan, FT86 ini full karbon pertama di Indonesia,” tuntasnya.

No Comments

    Leave a Reply