0
NEWSFLASH

Hal yang Patut Dipahami Offroader Pemula Soal Pemilihan Ban Pelibas Segala Medan

February 13, 2020

iamautomodified.com, JAKARTA – Pada peluncuran ban Delium Xtreme Xpedition, penggila off-roader yang telah malang-melintang berjelajah di bumi nusantara, Syamsir Alam memberikan edukasi soal penggunaan ban bagi para pemula. Menurutnya, pemilihan ban offroad khusus bagi pemula harus disesuikan dengan kendaraan yang digunakan.

Dia merekomendasikan kalau untuk pemula ban berukuran 30 sudah cukup. Tapi jika ingin naik kelas ke medium atau ekstrim, off-roader sudah harus menggunakan ban dengan ukuran yang lebih besar karena sudah pasti medannya akan semakin menantang.

Namun jika sudah beranjak ke medan ekstrim, sudah harus pakai ban 33 atau 35. “Kalau kepingin jalur yang ekstrim sekali, mesti memakai ban ukuran 37. Tapi itu gak pas untuk pemula karena bannya terlalu besar,” kata Syamsir di sela-sela peluncuran ban di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (12/2/2020).

Syamsir juga menyarankan agar ban yang digunakan atau diganti tidak boleh setengah lebih besar dari ban standarnya, karena akan menurunkan performa mobil. Misalkan  ban ukuran 30, mesti diganti dengan ban ukuran 33. Kalau sudah lebih besar, harus ganti panel gear.

“Kalau sudah pake ban ukuran 35, wajib ganti panel gear supaya torsi mesinnya dirange 2000 an balik lagi ke bawah. Jadi gigi satu, ban 30 standar sama dengan pakai ban 35. Jangan sampai gigi satu diban 35, seperti pakai gigi dua – gigi tiga, pasti mati-mati mesinnya,” jelas dia.

Pegiat off-road inipun menegaskan agar setiap pergantian ban yang lebih besar harus dibarengi dengan panel gear, karena pada kondisi lebih ekstrim kopling bisa cepat aus bahkan as mobil bisa patah karena dipaksakan.

“Meskipun ban sudah diganti, tapi panel gearnya tidak, ya torsinya pasti nggak dapat. Kopling akan cepat habis dan as mobil bisa patah. Jadi itu penting banget,” pungkasnya.

No Comments

    Leave a Reply