0
NEWSFLASH

Ciptakan Desain Sticker Berkarakter, Mitra Variasi Jadi Incaran Modifikator

February 29, 2020

iamautomodified.com, SURABAYA – Mitra Variasi menjadi salah satu bengkel cutting sticker yang kini menjadi sorotan para pelaku modifikasi di wilayah Surabaya khususnya. Kreativitas dan seni yang dituangkan dalam karya-karyanya pada mobil, kerap mendapatkan penghargaan terbaik di berbagai kompetisi.

Lantas, seperti apakah seni wrapping serta cutting sticker yang diaplikasikan pada mobil baik untuk harian maupun kompetisi?

Mitra Variasi resmi didirikan sejak tahun 2014, dan hingga kini sudah berjalan selama 6 tahun dan sudah memiliki 8 orang teknisi dan 2 orang desainer. Makna filosofi yang tertuang dalam nama Mitra Variasi merupakan gagasan sang owner, Vicky Kurniawan untuk menjadikan para customer serta pengusaha bengkel lain sebagai mitranya. Hal itu dilakukannya dengan harapan merekapun akan berlaku yang sama seperti dirinya.

“Jadi, saya gak mau bermain sendiri dalam berbisnis. Jika ada suatu hal yang tidak bisa kami kerjakan di bengkel ini, ya kami lempar ke bengkel rekanan. Misalkan jika customer ingin mengupgrade audio, maka kami berikan rekomendasi ke bengkel audio rekanan. A3 Green Audio misalnya atau bengkel rekomended lainnya,” kata Vicky.

Meskipun ada beberapa mesin cutting di bengkel tersebut, namun Vicky lebih mengutamakan kreativitas dan seni desain dari para pegawainya. Menurutnya, mesin hanya digunakan untuk tulisan dan tema saja, sisanya mereka kerjakan secara manual.

“Kalau mesin, biasanya kita pakai untuk tulisan sekitar 40% saja, sisanya 60% seperti efek itu dikerjakan secara manual. Tetap kita utamakan yang manual, karena keunggulan di bengkel inikan cutting sticker itu benar-benar original dari hasil kreativitas,” jelas Vicky.

Mitra Variasi ini, kata dia, fokus didesain karakter. Pengerjaan desain baik tema atau background, dikerjakan secara manual semua. “Kita bekerja berdasarkan ide dan inovasi sendiri, jika dirasa ada yang kurang berhenti sejenak cari inspirasi lagi baru kemudian ditambahkan,” ujarnya.

Menurutnya, desain karakter masih mendominasi trending topik modifikasi cutting sticker di rentang waktu 2019 – 2020. “Karakter kartunist masih jadi primadona dalam dua tahun ini. Namun untuk desain sticker racing masuknya ke rally,” kata dia.

Bahkan Vicky menegaskan ciri khas desain karakter yang dihasilkannya mampu membuat konsumen bisa menebaknya. “Mereka bisa menebak dari efek gambarnya. Efek itu membuat sticker seperti hidup,” ucapnya.

Bicara menyoal prestasi, Vicky Kurniawan kerap kali menjuarai kategori yang diusungnya. Menurutnya, prestasi yang paling membanggakan bagi Mitra Variasi adalah meraih penghargaan di berbagai kompetisi modifikasi.

“Ya kalau hasil desain kita mendapatkan penghargaan di berbagai event apalagi bawa punya customer, menang adalah sebuah kebanggaan,” pungkasnya.

Hal senada juga dikatakan Mendilia Nuraini, salah seorang desainer sticker Mitra Variasi. Menurut gadis asal Surabaya, yang juga menggemari seni bela diri asal China ini juga memiliki kesan yang sama, jika kreasi serta seni yang diciptakannya membuahkan hasil, bahkan bisa meraih penghargaan.

“Untuk menciptakan sebuah inovasi desain sticker itu gampang-gampang susah, apalagi bentuknya anime japan. Tapi jika sudah terbiasa, bakal muncul gagasan sendiri,” kata Mendilia, saat dikonfirmasi IAM.

Vicky berharap di tahun 2020 ini, Mitra Variasi bakal melahirkan cabang-cabang baru. “Rencananya, tahun ini kita bakal dirikan sebuah anak cabang di daerah Benowo, Gresik. Kalau disini khusus speasialist cutting, disana nantinya khusus wrapping saja,” kata Vicky.

No Comments

    Leave a Reply