0
NEWSFLASH

Ini Alasan Kenapa Delium Amat Populer di Kalangan Offroader

May 18, 2020

Ban Delium Extreme Expedition di Roma Auto Sport (foto : Alan/IAM)

iamautomodified.com, JAKARTA – Delium dan Swallow merupakan salah satu merek ban mobil yang cukup dikenal di kalangan off-roader dan pecinta otomotif yang pabriknya berada di Indonesia. Sebagai pabrik pembuatan produk-produk berbahan karet (rubber products), PT Industri Karet Deli (IKD) ini didirikan sejak tahun 1956 yang berada di wilayah Medan-Sumatera Utara.

Kemudian, pada tahun 1970-an, IKD mulai produksi ban sepeda dan ban sepeda motor. Lalu di tahun 1980, IKD membuat ban roda 4 Light truck, dan di awal tahun 2003 IKD sudah melakukan ekspansi ke ban mobil Radial.

Edwin Joetan, Sales Manager PT Industri Karet Deli mengungkapkan dalam pembuatan ban, bahan baku karet yang digunakan pada ban mobil dan truck, IKD memproduksi ban dengan konstruksi nylon (bias) dan kawat (radial).

“IKD merupakan salah satu produsen ban terbesar di Indonesia yang memproduksi ribuan variasi ban. Secara garis besar, IKD memproduksi ban sepeda, sepeda motor, ban mobil, ban truck, ban industri, ban agriculture, ban garden dan ban UTV/ATV,” tutur Edwin.

Menurut Edwin, ban komersial dan ban off-road produksi IKD sangat populer dengan konsumen. Ban komersial untuk mobil niaga dengan merek dagang Swallow dan Delium sudah terkenal dengan kekuatannya dan ketahanannya.

Toko variasi Roma Auto Sport (foto : Alan/IAM)

“Untuk mobil pribadi, Delium dan Swallow dikenal oleh kalangan off-roader karena patternnya banyak dan ukurannya juga lengkap. Pattern yang banyak ini mencakup extreme adventure hingga ban All Terrain,” tandasnya.

Selain itu, IKD juga memproduksi ban All Terrain (A/T) dan Mud Terrain (M/T) yang selama hampir 20 tahun di ekspor ke Amerika Serikat. “Jadi, kita memiliki pengalaman untuk design dan produksi ban off-road,” kata Edwin.

Mobil jenis light truck, katanya juga sangat populer di Amerika Serikat dan kendaraan tersebut digunakan sebagai kendaraan kerja & leisure. Ban produksi IKD harus tahan di berbagai medan.

“Untuk extreme adventure/petualangan di jalan tanah, IKD merupakan satu satunya produsen ban di Indonesia yang mempunyai pilihan 2 kembang untuk aplikasi di medan tersebut. IKD juga merupakan satu satunya produsen lokal pertama yang memproduksi ban rally untuk mendukung peminat olahraga rally,” pungkas Edwin.

Jadi, lanjut Edwin, untuk mendapatkan ban-ban produksi IKD sangatlah mudah. “Karena hampir semua provinsi di Indonesia sudah ada distributor, dari Aceh hingga Papua,” tuntasnya.

No Comments

    Leave a Reply