fbpx
0
CUSTOM HEADLINE

Galih Pacman : Kuantitas Bahan yang Terpakai Menentukan Harga Pemasangan Stiker

December 29, 2020

Workshop New Pacman Sticker di Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat (foto : IAM)

iamautomodified.com, JAKARTA – Balutan stiker pada bodi mobil menjadi salah satu objek modifikasi yang bikin kendaraan Anda tampil beda. Pemilihan warna, bahan serta tehnik pengerjaan, menjadi faktor penentu kualitas objek yang dihasilkan.

Membahas soal tehnik pengerjaan stiker, salah satu workshop spesialis New Pacman Sticker memiliki banyak pengalaman di bidang jasa wrapping full body, custom sticker, variasi sticker maupun desain animasi.

Debut prestasi, ekspansi dan eksistensi yang diraih oleh sang owner di jagat modifikasi nasional sudah bukan menjadi rahasia umum. Artinya, kepiawaian sang owner di bidang cutting sticker patut dibanggakan.

Galih Pacman, sang owner memaparkan, idealnya setiap bengkel cutting sticker memiliki metode masing-masing dalam menampilkan karyanya. Hanya saja yang membedakan itu adalah kualitas pemasangan.

Proses pemasangan cutting sticker pada mobil (foto : IAM)

“Meski bahan materialnya bagus dan premium tapi kalau pengerjaan serta finishing akhirnya gak rapi ya boleh dibilang belum maksimal. Detailing yang dimaksud adalah lekukan stiker, lem yang mengelupas dan lain sebagainya,” jelas Galih, saat disambangi IAM di workshopnya, Senin, 28 Desember 2020.

Makanya, lanjut Galih, proses penekukan stiker itu amat penting dilakukannya agar lemnya itu benar-benar menempel pada bodi mobil. “Bahkan kalau perlu, sampai ada beberapa panel yang mesti dicopot seperti bumper, handle, spion, headlamp maupun stop lamp,” kata dia.

Bicara menyoal budget pemasangan di workshop New Pacman Sticker, tergantung dari kuantitas bahan material yang terpakai pada bodi mobil. Terkadang, kata Galih, pemasangan stiker pada mobil reguler, bisa lebih mahal ketimbang mobil kelas premium.

Wrapping full body pada mobil Porsche dan Kijang Innova menggunakan bahan sticker Goodfix Premium (foto : IAM)

Galih juga mengatakan, untuk pemasangan wrapping full body pada Kijang Innova ini yaitu Rp. 10,5 juta sedangkan wrapping full body pada sedan premium Porsche ini hanya Rp. 9 juta saja.

“Oleh karena itu, kita gak menilai dari sektor mahalnya mobil tersebut, tapi dari seberapa banyak bahan stiker yang terpakai. Kenapa untuk penempelan stiker di Kijang Innova lebih mahal dari Porsche, itu karena material bahan yang terpasang pada Innova lebih banyak terpakai,” papar dia.

Jika ditinjau dari proses pengerjaan, sulit dan mudahnya tak jadi persoalan. Karena menurut Galih, yang namanya kerja itu sudah pasti menemukan hal-hal semacam itu kadang mudah terkadang pula ada yang susah dipasang.

“Kembali lagi ke soal tadi, jika ngomongin harga kita menghitung seberapa banyak bahan yang habis digunakan. Meskipun menggunakan bahan dan kualitas dari brand yang sama,” pungkasnya.

No Comments

    Leave a Reply