0
RIDES

Modifikasi ‘Players Class’ Honda Accord Zoom Tampil Eksotis

March 16, 2019

iamautomodified.com, JAKARTA – Mengusung konsep daily use, Honda Accord generasi ketujuh lansiran 2003 ini nampak sangat eksotis. Penampilannya pun telah berubah secara total, di sektor eksterior juga interior.

Besutan awal yang dilakukan sang builder adalah mengganti seluruh bodi mobil mulai dari wide body, bodykit hingga kap mesin. Menurut Renaldo, kendala tersulitnya adalah merubah faceliftnya, karena konturnya jauh berbeda antara tipe lama dengan tipe baru.

Pasalnya, Renaldo sempat 2-3 kali merombak di bagian tersebut. Menurutnya, yang paling sulit adalah merombak kap mesin serta bagasi, untuk membuat tampilannya keliatan manis dan nyambung.

Jika dihitung total pengerjaannya sembari menunggu part-partnya, kata dia, memakan waktu selama setahun. “Tapi pengerjaannya sekitar 6 bulan. Untuk kap mesin 1 bulan, bagasi juga sebulan,” ujarnya.

Melongok ke sektor buritan, lampu belakang sedan ini juga sudah facelift dengan menyematkan lampu Accord 2017 untuk depan dan belakang. Pasalnya, lampu tersebut belum ada di Indonesia, dan running lead nya juga berasal dari Thailand.

“Yang jadi lama pengerjaannya itu karena kita mengatur sorot-sorot lampunya. Ini gak bisa sembarangan, jangan kita main pasang tapi sorot lampunya gak diatur. Nah, kita sudah mengatur posisi sorot lampunya jadi gak bakalan ngaco,” tegasnya.

Menariknya lagi, sedan ini sudah terpasang moonroof, sehingga terlihat sporty dan eksotis. “Moonroof ini juga hanya ada satu di Indonesia, diimpor dari Korea. Biasanya moonroof yang standar itu bentuknya datar, tapi kalau yang ini agak melengkung,” jelas Renaldo.

Untuk menambah daya kekokohan pada tunggangan, Renaldo juga melakukan penyematan velg work wheels meister s1 dengan balutan si karet bundar Toyo T1R untuk depan berukuran 245/35/19″, dan belakang 285/30/19″.

“Kemudian untuk disk brakesnya kita menggunakan Brembo 6pot 360mm drilled rotor untuk depan dan 4pot 360mm drilled rotor untuk belakang. Mobil ini juga sudah terpasang air suspensi ball on,” lanjutnya.

Melongok ke sektor interior, jok sedan ini telah dibungkus full redesign & stitching rainbow MB Tech seat, kemudian kabinnya dari leather pro asal Bali. Mulai dari dashboard, setir serta panel-panel menggunakan karbon.

Perubahan di sektor engine meliputi custom turbokit using Garrett m24 ar60, RXZ performance intercooler piping. “Kita hanya menambah turbocharger, kalo mesin gak ada perubahan masih tetap menggunakan mesin Honda Accord,” ujarnya.

Tak ada perubahan perangkat pada sound system, audionya masih terbilang standar. Rencananya, sang Owner akan mengganti perangkat sound system secara menyeluruh kedepannya.

Model pada Accord ini merupakan hasil karya terbaik dari Zoom yang menguras kocek sebesar Rp 600 jutaan. Rata-rata pemilik mobil yang ingin dimodifikasi mobilnya, menyerahkan sepenuhnya kepada sang builder untuk men-dress up baik dari model maupun bentuknya.

“Saya memiliki kebebasan untuk berkreasi, makanya kalau saya sudah dipercaya oleh customer, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat mewujudkan keinginannya,” kata Renaldo.

Pasalnya, mobil ini sudah beberapa kali terjun di kontes Indonesia Automodified (IAM) dan menyadang gelar The King di Banyuwangi dan Jogja. Kemudian juga pernah meraih gelar The King juga di Honda Fest 2018 di Surabaya lalu.

“Saat ini kita ingin fokus dulu selama setahun mencoba memamerkan 1 model, tujuannya biar tidak bentrok. Mungkin selanjutnya kita akan mendesain mobil lainnya pada event-event berikutnya,” ungkap Renaldo.

Renaldo berujar, saat ini modifikasi daily use masih banyak diminati pecinta modifikasi. Mereka ingin merubah tampilan mobil yang simple dan tidak terlalu ekstrim, ini bakal tetap menjadi nomor satu sekarang. Jadi, kata dia, orang sudah mulai bosan dengan modifikasi ekstrim yang cuman ngabisin uang.

“Saya rasa mereka bakal bergeser, karena IAM memiliki kategori penilaian baru seperti mobil-mobil yang dipanjangkan atau dipendekkan sudah gak boleh, harus layak jalan lah istilahnya. Jadi menurut saya itu langkah berani dari IAM, untuk merubah sistem modifikasi. saya rasa audisi modifikasi kedepannya bakal menjadi baik,” tuntas Renaldo.

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply