0
NEWSFLASH RIDES

Nissan Cefiro ini Laik Sabet ‘The King Players’ di IAM MBtech Surabaya 2019, Ini Alasannya!

March 29, 2019

iamautomodified.com, SURABAYAIndonesia Automodified (IAM) MBtech Surabaya telah merilis salah satu besutan kreatif yang berhasil merebut gelar ‘The Players’ di ajang kontes IAM MBtech yang berlangsung di Tunjungan Plaza-Surabaya, pada 23-24 Maret 2019 lalu.

Dari 180 kontestan modifikasi yang dipertunjukkan, Nissan Cefiro hasil besutan Exclusive Garage dinobatkan menjadi The King Players dan berhak menjadi duta untuk membawa nama Surabaya ke ajang Final Battle mendatang.

Sang modifikator mengakui bahwa mobil ikeluaran tahun 1993 silam ini sebetulnya diupgrade khusus untuk berlaga di arena drifting/race. Oleh karenanya, gubahan paling menonjol tertuju pada sektor kaki-kaki dan dapurpacu.

Pada dasarnya, Exclusive Garage merupakan bengkel yang khusus menangani mobil custom untuk balap serta mobil drifting. Oleh karenanya, bagian yang dikerjakan adalah sektor mesin, interior serta body convertionnya.

“Awalnya mobil ini dibangun untuk drifting, lantaran sudah banyak mobil jebolan kita yang dikendarai oleh Akbar Rais, salah satunya subaru BRZ nya team HGMP,” bangga Hadi, pemilik bengkel Exclusive Garage kepada IAM, Kamis 28 Maret 2019.

Perubahan paling signifikan terlihat pada penampilan Cefiro ini yang sudah full convert ke Skyline GT-R R34, mulai dari tampilan depan hingga buritan. “Bagian bemper depan, side skirt serta bagasi kita lapisi dengan bahan karbon R34,” ujar Hadi.

Inspirasi tersebut didapatnya dari model Skyline 4 pintu yang katanya masih sangat jarang di Indonesia. “Kebetulan, di Thailand ada yang sudah meng-convert bodinya, jadi ya kita coba mengaplikasikan pada mobil ini,” lanjutnya.

Kemudian di sektor interior, perombakan terjadi pada bagian kabin dengan memakai R32 GTR dashboard, odometer dan center console pakai R32. Lalu di bagian kemudi dipasang steering wheel OMP, roll bar 6 titik dengan standar FIA untuk keperluan drifting.

“Tak lupa pula kita pasang racing bucket seat bride cuga dan seat belt takata 4 titik serta custom hydroloc handbrake dan Nissin handbrake master cylinder,” tandas Hadi. Oleh karena mobil ini untuk race purpose, katanya, maka perangkat audio tidak dibubuhi.

Berlanjut ke sektor jantung pacu yang diswap ke RB25 DET, piston dibangun dan stang sudah forged kemudian cam HKS pon cam turbo menggunakan Garret GT30 oil pump tomei, intake greedy, BOv HKS, serta kopling ogura super single.

“Untuk sektor kaki-kaki, kita juga sudah rubah untuk drifting seperti footworksnya kita custom dan knucklenya juga drift spek, ditambah super angle dan coilover ISC race. Kemudian kita juga sudah pasang BBK brembo depan belakang, dengan double caliper di belakang, kemudian gardan kita sudah ganti fengan R200 dan LSD nismo,” pungkasnya.

Hasilnya, modifikasi Nissan Cefiro ’93’ yang telah menguras kocek hingga Rp. 250 jutaan ini berhasil menyandang predikat sebagai ‘The King Players’ di IAM MBtech Surabaya 2019.

No Comments

    Leave a Reply